Perbedaan Intranet, Extranet, dan Internet ??

Intranet

Intranet adalah sebuah jaringan lokal yang memanfaatkan protocol internet (TCP/IP) sehingga semua aplikasi internet dapat diterapkan dalam jaringan lokal ayau intranet dapat didefinisikan sebagai peggunaan teknologi internet dan WWW (world wide web) di dalam sebuah jaringan komputer lokal. Dengan menggunakan teknologi internet pada jaringan lokal maka jaringan lokal tersebut akan mampu melakukan fungsi-fungsi internet seperti menggabungkan berbagai platform yang berbeda.

Kebutuhan intranet didorong oleh beberapa tekanan teknologi yaitu :

  • Intranet menjadi alat bantu untuk meningkatkan perkembangan dan pertumbuhan produk industri
  • Intranet lebih meningkatkan tanggapan terhadap keluhan dan kebutuhan pelanggannya.
  • Intranet mampu menurunkan biaya atas kebutuhan informasi kolaborasi, workflow, dan enterprise connectivity.
  • Intranet mendapat banyak keuntungan karena adanya suksesnya dukungan world wide web yang memungkinkan penggunaan yang luas karena digunakan masyarakat luas yang menggunakan internet. Caranya adalah dengan membuat website. Intranet menjadi tren saat ini karena kefleksibelan webnya yang mudah digunakan.

Contoh : Hubungan komputer antara Bank Lexo cabang Jakarta dan cabang Bandung.

Ekstranet

Ekstranet adalah penggabungan dua Intranet atau lebih dengan menggunakan Backbone Jaringan tersendiri. Untuk penggabungan yang jaraknya jauh dapat juga digunakan jaringan Internet yang sifatnya tertutup.
Kekurangan extranet:

Extranet memerlukan sejumlah besar IS waktu dan energi, lebih besar dari apa yang dibutuhkan untuk mendapatkan intranet atau situs web dan berjalan, yang mungkin menempatkannya di bagian bawah dari kelompok IS to-do list.
Kelebihan extranet:

Kelebihan extranet adalah lebih menyingkat waktu untuk pasar dan biaya berbisnis, akses juga lebih cepat kepada rekan kerja atau mitra bisnis. Dengan akses extranet mungkin sebanding dengan keamanan-biaya, server Web dan pengembangan, warisan integrasi sistem, dukungan yang berkelanjutan dan pemeliharaan. Extranet juga menomersatukan keamanan data tanpa mengurangi hak akses kepada perusahaan lain untuk saling bertukar informasi, karena sebagian data penting perusahaan dapat tidak dipublikasikan dan dapat terjamin keamanannya.

Contoh : Hubungan antara Seluruh Bank-Bank di Indonesia dengan Bank Indonesia(BI).

Internet

Internet adalah sebuah jaringan global yang terdiri dari sub-sub jaringan besar ataupun kecil yang tersebar di seluruh dunia. Internet menggunakan protocol TCP/IP yang bersifat platform independent atau antar operabilitas sehingga mampu menghubungkan komputer dengan arsitektur yang berbeda.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: