Jaringan Komputer Berdasarkan Jangkauan Geografis

PAN(Personal Area Network)

Gambar : Personal Area Network

Pada saat kita saling menghubungkan komputer atau perangkat lain seperti handphone, PDA, keyboard, mouse , headset wireless, camera dan peralatan lain yang jaraknya cukup dekat (4-6 meter) maka kita telah membentuk suatu Personal Area Network. Hal yang paling penting bahwa dalam PAN ini kita sendiri yang mengendalikan (authoritas) pada semua peralatan tersebut. Selain dihubungkn langsung ke komputer lewat port USB atau FireWire, PAN juga sering dibentuk dengan teknology wireless seperti bluetooth, Infrared atau WIFI.

HAN (Home Area Network)
Home Area Network menggunakan koneksi kabel/nirkabel untuk menghubungkan piranti-piranti digital di rumah. HAN sudah sangat populer di Jepang atau negara-negara maju lainnya. Piranti-piranti digital di rumah dapat diatur menggunakan remote atau komputer, seperti menyalakan Lampu, TV, AC dll dengan satu remote. Atau menggerakan kamera CCTV dengan remote/komputer.

Local Area Network (LAN) 

Gambar : Local Area Network(LAN)

          Local Area Network biasa disingkat LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil, seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s.

Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut WI-FI) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.

Pada sebuah LAN, setiap node atau komputer mempunyai daya komputasi sendiri, berbeda dengan konsep dump terminal. Setiap komputer juga dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur. Sumber daya tersebut dapat berupa data atau perangkat seperti printer. Pada LAN, seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan menggunakan aplikasi yang sesuai.

Berbeda dengan Jaringan Area Luas atau Wide Area Network (WAN), maka LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut :

  1. Mempunyai pusat data yang lebih tinggi
  2. Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit
  3. Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi

Biasanya salah satu komputer di antara jaringan komputer itu akan digunakan menjadi server yang mengatur semua sistem di dalam jaringan tersebut.

Dalam system jaringan ini, LAN dapat memakai beberapa macam topologi dasar antara lain :

Topologi BUS

Gambar  : Topologi BUS

 

Topologi BUS, mempunyai kelebihan antara lain :

– Lebih murah dalam aplikasinya(kabel).

– Simple

Tetapi mempunyai kekurangan :

– Susah dalam pengembangan, karena apa bila kita mau menambah client maka harus memutus jaringan.

– Memiliki jalur data yang padat.

Topologi RING

Gambar  : Topologi RING

Topologi RING, mempunyai kelebihan antara lain :

– Lebih murah dalam aplikasinya(kabel)

– Simple

– Komunikasi data terjamin

Kekurangannya :

– Apa bila terputus, maka komunikasi data putus semua.

– Membutuhkan kabel yang lebih banyak dari Topolohgi bus.

– Jalur sedikit Padat.

– Sulit dalam penambahan client.

Topologi STAR

Gambar  : Topologi STAR

Topologi STAR, mempunyai Kelebihan antara lain :

– Komunikasi data lebih Terjamin.

– Apa bila terputus, masing-masing client masih bisa tehubung ke server.

– Jalur data lancar

– Mudah dalam penambahan client.

Kekurangannya :

– Boros kabel

Topologi Tree

Gambar : Topologi TREE

 

Topologi pohon (tree) adalah kombinasi karakteristik antara topologi star dan topologi bus. Topologi ini terdiri atas kumpulan topologi star yang dihubungkan dalam satu topologi bus sebagai backbone. Komputer-komputer dihubungkan ke hub, sedangkan hub lainnya dihubungkan sebahai jalur tulang punggung atau backbone.

Topologi TREE, mempunyai Kelebihan antara lain:

– Dapat terbentuknya suatu kelompok yang dibutuhkan pada setiap saat. Sebagai contoh, perusahaan dapat membentuk kelompok yang terdiri atas terminal pembukuan, sedangkan kelompok lainnya dibentuk untuk terminal penjualan.

Kekurangannya:

-Apabila terjadi masalah pada simpul yang lebih tinggi, maka simpul yang ada dibawahnya tidak akan terlalu efektif dalam pemrosesannya, dan otomatis akan menjadi lebih lambat

 

-Topologi Mesh

Gambar  : Topologi MESH

 

Topologi Mesh adalah sebuah bentuk jaringan dimana setiap perangkat terhubung secara langsung dengan perangkat lainnya.

Topologi MESH, memiliki kelebihan antara lain:

-Menjamin data langsung dikirim ke komputer tujuan tanpa harus melalui komputer lainnya sehingga menjadi lebih cepat.

-Keamanan lebih terjamin, karena komunikasi antar dua komputer tidak akan dapat tidak diketahui komputer lainnya

Kekurangannya:

-Mahal dan boros, karena membutuhkan banyak media transmisi.

-Kegagalan komunikasi sulit dideteksi karena tidak teratur.

Inter-Network

Inter-Network adalah pengembangan dari jaringan LAN. Misalnya pada suatu kantor besar, komputer setiap department akan dihubungkan menjadi satu dengan department yang lain, berarti administrator jaringan menghubungkan dua jaringan lokal yang ada.

Pada implementasi nantinya akan dibutuhkan suatu device untuk menggabungkan antara dua segmen(department). Pada contoh di atas tampak adanya tambahan alat berupa Bridge yang berfungsi agar jaringan kelompok komputer A dapat saling berhubungan dengan kelompok jaringan komputer B.

Tidak hanya Bridge yang dapat menggabungkan dua segment jaringan yang berbeda. Penggunaan Repeater, dan Router berfungsi juga untuk menjembatani dan sebagai perpanjangan dari suatu segment jaringan lokal.

Kendala yang sering terjadi di lapangan adalah jika sebelumnya jaringan lokal tidak disiapkan untuk melakukan pengembangan ke depan. Misalkan, suatu segmen akan digabungkan dengan segmen-segmen lain sehingga nantinya akan tercipta kumpulan jaringan lokal yang besar.

Metropolitant Area Network (MAN) 

 

Gambar : Metropolitan Area Network (MAN)

Metropolitan Area Network (MAN) pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya memakai teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang berdekatan dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN biasanya mampu menunjang data dan suara, dan bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.

MAN hanya memiliki sebuah atau dua buiah kabel dan tidak mempunyai elemen switching, yang berfungsi untuk mengatur paket melalui beberapa output kabel. Adanya elemen switching membuat rancangan menjadi lebih sederhana.

Alasan utama memisahkan MAN sebagai kategori khusus adalah telah ditentukannya standart untuk MAN, dan standart ini sekarang sedang diimplementasikan. Standart tersebut disebut DQDB (Distributed Queue Dual Bus) atau 802.6 menurut standart IEEE. DQDB terdiri dari dua buah kabel unidirectional dimana semua komputer dihubungkan.

Untuk Protocol apa saja yang digunakan pada MAN, akan saya posting lain waktu,.

Wide Area Network (WAN)

Gambar  : Wide Area Network (WAN)

WAN adalah singkatan dari Wide Area Network, WAN merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.

WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer dilokasi yang lain.

Wide Area Network (WAN) mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara atau benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin yang bertujuan untuk mejalankan program-program aplikasi.

Kita akan mengikuti penggunaan tradisional dan menyebut mesin-mesin ini sebagai host. Istilah End System kadang-kadang juga digunakan dalam literatur. Host dihubungkan dengan sebuah subnet komunikasi, atau cukup disebut subnet. Tugas subnet adalah membawa pesan dari host ke host lainnya, seperti halnya sistem telepon yang membawa isi pembicaraan dari pembicara ke pendengar. Dengan memisahkan aspek komunikasi murni sebuah jaringan (subnet) dari aspek-aspek aplikasi (host), rancangan jaringan lengkap menjadi jauh lebih sederhana.

Pada sebagian besar WAN, subnet terdiri dari dua komponen, yaitu kabel transmisi dan elemen switching. Kabel transmisi (disebut juga sirkuit, channel, atau trunk) memindahkan bit-bit dari satu mesin ke mesin lainnya.

Element switching adalah komputer khusus yang dipakai untuk menghubungkan dua kabel transmisi atau lebih. Saat data sampai ke kabel penerima, element switching harus memilih kabel pengirim untuk meneruskan pesan-pesan tersebut. Sayangnya tidak ada terminologi standart dalam menamakan komputer seperti ini. Namanya sangat bervariasi disebut paket switching node, intermidiate system, data switching exchange dan sebagainya.

Untuk Protocol apa saja yang digunakan pada MAN, akan saya posting lain waktu..

Terima kasih

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: