Protocol Jaringan Komputer

Sistem komunikasi membutuhkan medium sebagai pembawa sinyal(carrier). Sistem transmisi sinyal bisa berupa kabel, GEM(RF), dan Cahaya. Untuk dapat menyampaikan data, sistem komunikasi juga membutuhkan aturan(rule protocol). Sistem komunikasi sendiri adalah sebuah sistem kompleks yang dibangun dari medium transmisi, carrier, dan protocol.

Protocol komunikasi adalah satu set aturan yang dibuat untuk mengontrol pertukaran data antar node(misalkan komputer), termasuk proses inisialisasi, verivikasi, cara berkomunikasi, dan cara memutuskan komunikasi. Jaringan komunikasi ini memungkinkan adanya komunikasi antar pengguna komputer, baik melalui email, chatting voice, atau video. Jika membutuhkan semua aplikasi diatas, tampaknya jaringan komputer adalah solusi yang dapat menyediakan sarana komunikasi secara efektif.

Intinya protocol berfungsi sebagai berikut :

  1. Agar sebuah komputer dapat berkomunikasi dengan komputer lain, kedua komputer tersebut membutuhkan kesepakatan tentang tata cara berkomunikasi,. Tata cara atau aturan berkomunikasi ini yang disebut dengan protocol.
  2. Mendefinisikna apa yang dikomunikasikan, bagaimana, dan kapan terjadinya komunikasi tersebut.

Ada tiga protocol jaringan yang sering digunakan sebagai berikut :

  1. NetBEUI (NetBIOS Extended User Interface), menggunakan aturan penamaan dengan 16 karakter, 15 karakter untuk nama dan 1 karakter untuk type dari Entity. NetBEUI tidak memiliki kemampuan routing, sehingga jaringan dengan NetBEIU bersifat lokal, atau kita tidak bisa menghubungkan dua jaringan NetBEIU.
  2. IPX/SPX (Internet/Sequence Packet eXchange), merupakan pengembangan dari NetBEUI dengan penambahan kemampuan routing dan remote console.
  3. TCP/IP (Transmision Control Protocol/Internet Protocol), merupakan aturan penamaan dengan beberapa angka numerik yang dipisahkan dengan titik(dot decimal). TCP/IP merupakan protocol jaringan yang paling banyak digunakan, karena didorong dari kenyataan bahwa internet menggunakan TCP/IP.

Sumber : Pamduan Menjadi Teknisi Jaringan Komputer karya Ahmad Yani

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: