Belajar Jaringan melalui Program Simulasi Cisco Paket Tracer

Assalamualaikum temen-temen semua.. Kali ini, saya mau kenalin nih mainan baru bagi temen-temen yang mau belajar Jaringan. Yaa, mungkin sudah banyak yang tau tentang Program ini. Tapi, bagi temen-temen yang belum tau, dan tertarik belajar, semoga bermanfaat yaa.. Namanya, Cisco Paket Tracer.

Packet Tracer adalah simulator alat-alat jaringan Cisco yang sering digunakan sebagai media pembelajaran dan pelatihan, dan juga dalam bidang penelitian simulasi jaringan komputer. Program ini dibuat oleh Cisco Systems dan disediakan gratis untuk fakultas, siswa dan alumni yang telah berpartisipasi di Cisco Networking Academy. Tujuan utama Packet Tracer adalah untuk menyediakan alat bagi siswa dan pengajar agar dapat memahami prinsip jaringan komputer dan juga membangun skill di bidang alat-alat jaringan Cisco.

Dan kali ini, Saya tidak akan membahas bagaimana cara mendapatkan program tersebut, cara menginstalnya dll, karena sangat mudah menemukannya di google, dan sangat mudah saat menginstalnya. Saya akan coba memperkenalkan penggunaanya, tools apa saja yang ada, dan lain-lain yang merupakan dasar penggunaan Simulator ini.

Setelah diinstal dan dirun, maka tampilan awal Cisco Paket Tracer adalah seperti ini :

Image

Di program ini, ada setidaknya 5 bagian penting, yang paling sering digunakan.

  1. Perangkat-perangkat yang dapat digunakan, termasuk didalamnya Router, Switch, Hub, Wireless Device(Access Point & Wireless Router), Connections(Kabel-kabel yang sering digunakan dalam Jaringan Komputer), End Device(PC, Server, Printer, dll), WAN Emulation, Custom Made Device, dan MultiUser Connection.
  2. Macam-macam perangkat yang dapat digunakan bila kita memilih salah satu perangkat di atas. Contohnya, jika kita klik Routers, maka akan tampil jenis-jenis router yang dapat digunakan.
  3. Untuk penggunaan dasar, yang paling sering digunakan adalah Button Delete, yang merupakan button untuk menghapus Status Paket yang dikirim, apakah itu Success atau Failed.
  4. Merupakan fitur-fitur yang dapat digunakan, seperti menggeser halaman, memberikan keterangan, menghapus perangkat, melihat routing table, tes koneksi(kirim paket), dll.
  5. Merupakan Fitur untuk melihat cara kerja Topologi jaringan yang kita buat, Mengatur protocol yang kita gunakan, dll.

Sekian dari saya untuk pengenalan Program Simulator Cisco Paket Tracer, selebihnya, pengalaman dan prakek adalah guru yang terbaik,. Kalau tidak dicoba, gak akan tau,. hehehee,.

Yuk Lanjut ke gimana sih konfigurasi router dan switch sampai server.. n_n

Tunggu yaa.. Thx

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: