Membangun Jaringan komputer sederhana dengan DHCP Server menggunakan Paket Tracer (PART-2)

Assalamualaikum temen-temen semua.. Kali ini, saya akan lanjutkan pembahasan kita sebelumnya tentang Konfigurasi DHCP Server untuk topologi sederhana,. Kira-kira seperti ini Hasilnya :

Image

Setelah semua Perangkat terhubung seperti gambar di atas, maka kita bisa mulai untuk mengkonfigurasi Server DHCPnya. Dan untuk ketiga PC tersebut tidak perlu diberikan/diset IPnya, karena sekali lagi fungsi Utama DHCP Server adalah untuk membagikan IP ke semua perangkat yang terhubung dan meminta IP.

Oke sekarang kita lanjut, klik Server yang akan kita konfigurasi. Kemudian Pilih Desktop. Lihat Gambar dibawah ini :

Image

Setelah itu Klik IP Configuration.

Image

Kemudian Set/berikan IP Address dan isi Subnetmasknya.

Image

Bila sudah demikian, maka diketahui 192.168.1.100/24 adalah IP Address untuk DHCP Server. Dan langkah selanjutnya adalah Closed tampilan diatas, kemudian pilih Config. Lihat gambar dibawah ini :

Image

Hapus Pool Name yang lama dan ubah menjadi Pool Name yang baru, Contoh : DHCPPool. Kemudian edit Start IP Address jika perlu. Start IP Address diperlukan untuk menentukan dari IP berapakah Pembagian IP atau Range IP akan dimulai. Setelah itu atur Maximum Number Of Usersnya, Maximum number of Users menentukan berapakah banyaknya IP yang akan dibagikan ke Client. Contoh : “Start IP Address : 192.168.1.1, dan Maximum Number of Users : 10. Maka, IP yang akan dibagikan adalah dari 192.168.1.1 – 192.168.1.10. Kemudian Klik Add, dan Pool baru telah dibuat.

Bila sudah demikian, Kembali ke halaman utama dan Klik salah satu PC yang ada. Karena mustahil sebuah End Device dapat berkomunikasi tanpa IP, suatu kewajiban bagi kita untuk mensetnya.  Caranya, klik salah satu PC, sehingga tampil gambar seperti dibawah ini :

Image

Pilih Desktop,

Image

Lalu klik DHCP :

Image

Lakukan pada masing-masing PC, dan bila sudah mendapatkan IP, maka kita sudah bisa melakukan tes koneksi dengan cara mengirim paket. Caranya, klik gambar Amplop yang ada di bagian kanan bawah. Lihat gambar dibawah ini :

Image

Klik gambar amplop tersebut, lalu klik salah satu PC, dan klik lagi PC yang lain, dan lihatlah Status yang muncul. Lihat gambar dibawah ini :

Image

Sekian dari saya untuk pengenalan Program Simulator Cisco Paket Tracer, selebihnya, pengalaman dan prakek adalah guru yang terbaik,. Kalau tidak dicoba, gak akan tau,. hehehee,.

Yuk Lanjut ke konfigurasi router dan switch sampai server lainnya.. n_n

Tunggu yaa.. Thx

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: